Do you interest with this site???
Please comment, share and follow this site.
(semua artikel asli bukan hasil copy paste, boleh kalau ada yang mau copy tapi tulis juga sumbernya atau link ke blog ini)

Senin, 16 Januari 2012

Toman (Channa micropeltes), Snakehead Bergigi Pisau dari Asia tenggara

Toman atau Giant Snakehead (Channa micropeltes) dikenal juga dengan nama Red Snakehead merupakan ikan predator dari golongan snakehead yang berasal dari kawasan Asia Tenggara mulai dari Thailand, Mekong, Vietnam, Laos, Malaysia, dan bagian utara Sumatra. Selain itu, ikan yang biasa juga dikenal dengan Giant Mudfish ini juga ditemukan di beberapa daerah India. Sebutan Toman hanya digunakan di Malaysia dan Indonesia saja sedangkan untuk daerah lain umumnya mempunyai nama yang berbeda. dikenal dengan Giant Snakehead karena ikan dewasa dapat mencapai sekitar 150 cm dan merupakan ikan terbesar kedua dalam family Channidae. Oleh para penghobby ikan hias atau pemancing air tawar, ikan ini dianggap sebagai salah satu raksasa ikan air tawar.
TAKSONOMI
Kingdom
Animalia
Phylum
Chordata
Class
Order
Family
genus
Species
Channa micropeltes








Toman mempunyai pola warna tubuh yang sangat menarik dengan postur silindris memanjang. Toman muda mempunyai warna merah, dengan garis stripe hitam dan oranye melintang pada tubuhnya setelah berusia lebih dari dua bulan. Seiring dengan bertambahnya usia ikan, garis strip dan warna merahnya akan menghilang dan digantikan dengan warna pola hitam keabu-abuan atas dan putih pada bagian perut. Di habitat aslinya, ikan ini adalah predator yang berada di puncak rantai makanan. Biasanya makanannya antara lain ikan, amfibi dan burung kecil. Sebagai predator, Toman dilengkapi dengan deretan gigi pisau yang sangat tajam dan rahang yang kuat sehingga menghasilkan terkaman yang luar biasa saat menangkap mangsa dengan gigitannya. Karena kebuasan ikan ini, maka sangat tidak dianjurkan oleh hobbies pemula untuk memeliharanya. Beberapa kabar menyebutkan bahwa ikan ini pernah menyerang manusia, namun keakuratan berita tersebut masih dipertanyakan. Untuk perawatan di aquarium, usahakan untuk dijaga sendiri karena perawakannya yang agresif, tidak akan hanya menyerang atau membunuh tankmatenya tapi juga kemungkinan bisa melukai si pemelihara. Di aquarium, makanannya dapat diberi makanan seperti ikan, kerang, cacing tanah yang besar dan beberapa makanan lainnya seperti hati domba (kurang dianjurkan). 
Giant Snakehead merupakan ikan air tawar yang tangguh dan mampu hidup diberbagai habitat seperti rawa, danau, kolam, sungai dan lainnya. Melepaskan ikan ini di bukan habitat aslinya sangat beresiko bagi keseimbangan habitat aslinya dikarenakan sifat ikan yang agresif dan predator. Sebagai ikan besar, Toman atau Giant Snakehead sangat populer bagi para pemancing ikan air tawar. Selain ukuran yang besar tapi juga tarikan ikan yang dianggap pemancing sangat kuat. Rekor yang pernah didapat adalah ikan Toman dengan ukuran panjang lebih dari 1 meter dan berat 20 Kg.
Pembedaan jenis kelamin masih susah diketahui namun beberapa peternak berhasil membreeding ikan ini walaupun masih sedikit informasi yang tersedia. Diketahui bahwa telur biasanya diletakkan di sarang yang terbuat dari vegetasi di dasar air dan burayak biasanya akan dijaga oleh induknya. Perilaku unik lainnya dari ikan ini adalah kemampuannya untuk bernafas dengan udara secara langsung. Hal ini dikarenakan, Toman bernafas selain menggunakan insang juga menggunakan paru-paru primitif yang terletak dibelakang insang sehingga memungkinkan ikan ini bertahan pada air yang sangat miskin oksigen dengan cara naik ke permukaan dan meneguk sedikit udara. Adapun kondisi air yang perlu diperhatikan saat memelihara Toman ialah suhu air sekitar 22-270C dan pH 6-7,5.


1 komentar:

  1. TITanium NINRITE - Titanium Nitride -Tianium Art
    TITNIC NINRITE TITNIC NINRITE 라이브스코어 is a ford edge titanium 2021 unique ceramic powder with ford titanium an ultra-high heat, allowing to melt the powder faster than a standard powder. damascus titanium It is a Material: Stainless steelItem Dimensions LxWxH: 15 x 4 x 1 how strong is titanium inchesMaterial: Stainless steel

    BalasHapus

Data dan gambar diambil dari berbagai sumber. Silahkan koreksi atau tambahkan informasi yang berhubungan dengan blog ini.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...