Do you interest with this site???
Please comment, share and follow this site.
(semua artikel asli bukan hasil copy paste, boleh kalau ada yang mau copy tapi tulis juga sumbernya atau link ke blog ini)

Selasa, 28 Juni 2011

Gold Barb (Puntius sachsii), Ikan Kecil Bersisik Emas dari Asia Timur

Gold barb (Puntius sachsii) merupakan ikan keluarga Puntius yang berasal dari Singapura dan Asia timur seperti di sungai Red yang melalui Vietnam dan Cina. Gold barb mempunyai warna keemasan di seluruh tubuhnya dengan bintik – bintik gelap kehitaman yang membentang di sisi tengah tubuhnya.Gold barb mempunyai sirip punggung, sirip anal, sirip dada dan ekor yang berwarna kemerahan. Ikan ini hidup berkelompok dengan jumlah anggota tidak kurang dari 6 ekor.
Gold barb adalah ikan yang sangat aktif, selain membutuhkan tempat terbuka yang luas untuk berenang, ikan ini juga membutuhkan tempat untuk bersembunyi. Jika dirawat tidak dalam kelompok kemungkinan ikan ini akan malu – malu. Kondisi air yang direkomendasikan untuk Gold barb adalah temperatur 24 – 280C dan pH 6 – 8. Gold Barb merupakan ikan omnivora yang tidak memilih – milih makanan dan akan memakan apapun yang sesuai dengan ukuran mulutnya yang kecil, seperti makanan hidup, kering dan beku. Ikan ini tidak sesuai bila ditempatkan di aquascape atau aquarium yang banyak mempunyai tanaman, hal ini dikarenakan Gold barb akan menggigit atau memakan tanaman tersebut. Ikan ini aktif sepanjang hari dan beristirahat di malam hari dengan melayang di atas dasar tangki atau sungai. Ikan jantan mempunyai tubuh yang sedikit lebih kecil dan warna yang lebih menarik dibanding betina. Untuk breeding Gold barb, hangatkan suhu air tangki menjadi 750F dan letakkan beberapa tanaman seperti Java moss karena kebanyakan Barb akan meletakkan telur di tanaman. Letakkan beberapa betina ke tangki dan saat malam hari barulah dimasukkan ikan jantan. Ikan jantan akan menunjukkan warna yang sedikit berbeda saat siap bereproduksi. Proses bertelur akan terjadi pada pagi hari dan setelah proses bertelur selesai maka pindahkan kedua induk dari tangki karena akan memakan telur mereka sendiri. Telur akan menetas setelah 24 – 48 jam. Anakan ikan yang baru menetas sudah mampu berenang dan dapat diberi makanan seperti baby brine shrimpe dan rotifers. Catatan: Walaupun cenderung pendamai namun jangan campur Gold barb dengan ikan lain bersirip panjang, karena Gold barb kemungkinan akan menggigit sirip mereka.
TAKSONOMI
Kingdom
Animalia
Phylum
Chordata
Class
Order
Family
Genus
Species
Puntius sachsii

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Data dan gambar diambil dari berbagai sumber. Silahkan koreksi atau tambahkan informasi yang berhubungan dengan blog ini.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...