Do you interest with this site???
Please comment, share and follow this site.
(semua artikel asli bukan hasil copy paste, boleh kalau ada yang mau copy tapi tulis juga sumbernya atau link ke blog ini)

Minggu, 10 Juli 2011

Clown Knife Fish (Chitala ornata), Si Pisau Lentur dari Asia Tenggara

Clown Knifefish (Chitala ornata) dikenal juga dengan Clown featherback fish atau Spotted Knifefish merupakan ikan tropis nocturnal yang mempunyai bentuk tubuh menyerupai pisau panjang. Clown knifefish sangat menarik saat mereka berenang, dapat berenang ke belakang sama baiknya seperti berenang ke depan, mereka sungguh fleksibel. Ketika mereka akan merubah arah berenang, ikan ini akan membelokkan badannya sendiri seperti tidak punya tulang. Di alam, mereka dapat mencapai panjang tubuh yang panjang sekitar 100 cm dengan berat tubuh 5 Kg. Clown knifefish berwarna abu – abu keperakan di sepanjang tubuhnya yang menyerupai pisau dengan sirip anal yang panjang dan sirip punggung yang kecil. Ikan dewasa mempunyai 5 – 10 (kadang lebih) pola hitam berlapis putih yang berbentuk cincin di sisi tubuhnya dan jumlahnya akan bertambah seiring pertumbuhan ikan.
Clown Knifefish berasal dari asia tenggara dari Malaysia, Sumatera, Kalimantan, Thailand dan juga ditemukan di India. Di Indonesia, ikan ini lebih dikenal dengan nama Belida. Kondisi air yang cocok adalah suhu 24 – 280C dengan pH 6 – 7. Ikan ini bersifat karnivora dengan memburu mangsa hidup pada malam hari dengan mulutnya. Ikan muda biasanya berkelompok namun ikan dewasa cenderung teritorial dan hidup sendiri. Perawatan di aquarium disarankan untuk tidak dicampur dengan ikan yang lebih kecil karena ikan ini cenderung agresif, dan tidak memerlukan aquarium yang besar karena ikan ini sebenarnya tidak terlalu aktif. Setting aquarium dengan banyak rongga, tanaman dan cukup tempat sembunyi membuat ikan ini nyaman. Selain memakan ikan, Clown Knifefish juga dapat diberi makan ghost shrimpe, blackworm dan dapat dilatih diberi pellet dan pakan beku. Perbedaan jenis kelamin susah ditentukan. Clown Knifefish bertelur di permukaan yang keras seperti batu dan kayu. Penjagaan telur dilakukan oleh jantan, penjagaan ini bertujuan agar telur cukup menerima oksigen dan menghindarkan telur agar tidak tertutup sedimen. Telur menetas setelah beberapa minggu dan anakan ikan dijaga oleh jantan dalam beberapa hari. 
TAKSONOMI
Kingdom
Animalia
Phylum
Chordata
Class
Order
Family
Sub Family
genus
Species
Chitala ornata

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Data dan gambar diambil dari berbagai sumber. Silahkan koreksi atau tambahkan informasi yang berhubungan dengan blog ini.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...