Do you interest with this site???
Please comment, share and follow this site.
(semua artikel asli bukan hasil copy paste, boleh kalau ada yang mau copy tapi tulis juga sumbernya atau link ke blog ini)

Selasa, 26 Juli 2011

Red Belly Piranha (Pygocentrus nattereri), Ikan Air Tawar Terganas di Dunia dari Amazon

Red Belly Piranha (Pygocentrus nattereri) merupakan ikan dari keluarga Piranha yang ditemukan di sungai Amazon Brazil. Ikan ini mempunyai tubuh berwarna keperakan dengan warna perut kuning atau orange hingga kemerahan. Pada ikan muda memiliki bintik hitam pada tubuhnya. Red belly piranha mempunyai deretan gigi tajam pada rahang atas dan bawah. Gigi-gigi ini sangatlah tajam sehingga cukup kuat untuk menusuk dan memotong daging. Red belly piranha mempunyai reputasi sebagai salah satu ikan air tawar paling ganas di dunia. Walaupun ikan ini ganas bukan berarti tidak bisa dipelihara dengan ikan lain di aquarium. Beberapa penghobi berhasil memelihara ikan ini satu tangki dengan ikan lain seperti pleco.
Red belly piranha sebenarnya merupakan omnivora walaupun banyak yang berpikir karnivora. Di alam bebas diketahui memakan ikan lain, crustacea, cacing, reptil kecil, serangga dan beberapa material tanaman. Dalam memburu mangsa, ikan ini selalu dalam kelompok besar dan akan memangsa tidak hanya binatang sakit atau mati tetapi juga binatang yang sehat. Untuk mendeteksi bau dan gerakan mangsa, red belly piranha menggunakan kumpulan sensor yang ada di sisi bawah tubuhnya yang dikenal dengan sistem literal line. Ikan ini hidup berkelompok dalam jumlah 20 sampai 30 ekor. Sebagai ikan yang aktif, mereka membutuhkan oksigen terlarut yang cukup dengan kondisi air yang sesuai ialah pada temperature 24 – 26 0C dan pH 6-7. Di alam bebas red belly piranha dapat mencapai ukuran tubuh maksimal 30 cm.
Red belly piranha susah untuk dibedakan jenis kelaminnya, kecuali bahwa betina mempunyai warna perut yang lebih pucat (kuning) dibanding jantan. Biasanya, mereka bertelur pada musim hujan selama bulan April – Mei. Pejantan akan membuat sarang lubang di bebatuan dan rerumpunan sambil menunggu betina. Betina akan bertelur sejumlah 600 butir saat pejantan membuahinya. Pejantan akan sangat teritorial saat masa bertelur ini, dan saat telur menetas induk akan menjaga anak mereka. 
TAKSONOMI
Kingdom
Animalia
Phylum
Chordata
Class
Order
Family
genus
Species
Pygocentrus nattereri

3 komentar:

  1. Ternyata ikan omnivora ya gan,,,,jadi lucu akhirnya. Kalau mau beli ikan piranha ini, kira kira berapa harganya gan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Red belly piranha mah murah gan. Fibawah 10ribu udh dapet yang masih anakan

      Hapus
    2. saya Punya.. size 2 jarian

      5rb an per ekor

      BISA KIRIM BAYAR DI TEMPAT !!!
      *GARANSI PERJALANAN (WAJIB VIDEO UNBOXING TANPA JEDA).
      Alamat : Dusun Jetak, Desa Paciran, Kecamatan Paciran, Kabupaten Lamongan. (62264).

      Link Google Maps :
      https://maps.app.goo.gl/tmd5EqJaKn1BtJR88

      WHAT'SAPP: wa.me//+6283833310987
      INSTAGRAM : @angrybird.koi.galery.farm
      TIKTOK : @angrybird_koigalery
      #ANGRYBIRD_KOI_GALERY

      Hapus

Data dan gambar diambil dari berbagai sumber. Silahkan koreksi atau tambahkan informasi yang berhubungan dengan blog ini.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...