Do you interest with this site???
Please comment, share and follow this site.
(semua artikel asli bukan hasil copy paste, boleh kalau ada yang mau copy tapi tulis juga sumbernya atau link ke blog ini)

Selasa, 05 Juli 2011

Banded Archer fish (Toxotes jaculatrix), Si Pistol Air dari Asia Pasifik

Banded Archerfish atau Archerfish (Toxotes jaculatrix) merupakan ikan yang mempunyai kemampuan untuk menembakkan air ke arah serangga atau hewan kecil lainnya di atas permukaan air agar terjatuh ke dalam air. Banded archerfish hidup di perairan tawar dan payau mulai di india timur sampai filipina, indonesia selatan, bagian barat australia, papua dan di kepulauan oceania. Banded archerfish hidup secara berkelompok dan bukanlah ikan yang agresif. Dalam pertumbuhannya ikan ini membutuhkan saliniti ynag tinggi dan ikan dewasa lebih baik dirawat dalam air payau. Banded archerfish mempunyai warna putih keperakan dengan beberapa bintik hitam yang lebar dan tebal, hal ini digunakannya untuk berkamoflase di habitat aslinya yakni perairan mangrove. Ikan ini dapat tumbuh cukup besar yakni panjang 30 cm dan bersifat karnivora dengan makanan utama invertebrata, walaupun terkadang juga memangsa ikan kecil. Banded archerfish hidup pada kondisi air dengan suhu 25 – 300C dan pH 7 – 8. Pembedaan jenis kelamin ikan ini susah dikenali begitupun teknik breedingnya dalam aquarium yang belum pernah dilaporkan. Proses bertelur diperkirakan terjadi perairan payau dengan sekali bertelur mencapai 20000 sampai 150000 butir telur. Namun perkiraan lain menyebutkan bahwa proses bertelur terjadi di laut. Hanya beberapa ikan yang mencapai dewasa dengan usia 1 – 2 tahun. Ikan muda mempunyai bayangan berwarna kuning di tubuh bagian atasnya di antara pola hitamnya. 
Kemampuan unik Banded archerfish ialah dalam menangkap mangsa di atas permukaan air dengan menembakkan air ke mangsa tersebut. Tembakan air yang dilepaskan sangat kuat dan akurat seperti pistol air. Banded archerfish melakukan ini dengan cara menggulung lidahnya ke langit – langit di dalam mulutnya, membentuk seperti pipa dan sejumlah air dengan kekuatan penuh dikeluarkan dengan menutup insang secara cepat. Tembakan air dikeluarkan lewat lubang hidung. Untuk mendapat tembakan yang bagus, ujung hidung ikan dikeluarkan ke atas permukaan air namun sisa badan masih di dalam air. Mata yang besar dan terletak di dekat mulut menyebabkan keakuratan tembakan.
TAKSONOMI
Kingdom
Animalia
Phylum
Chordata
Class
Order
Family
Toxotidae
genus
Toxotes
Species
Toxotes jaculatrix

3 komentar:

  1. Kemarin pas liburan ane beli ikan ini.sebenarnya bukan archerfish jenis yang ini sih.Kalo nggak salah jenisnya Toxotes chatareus aka seven banded archerfish.Ternyata ikannya cemen banget gan.Klo diliatin ikannya pasti kabur duluan,kalo dikasi jangkrik(makanannya)pasti pake mikir panjang,
    kalo mau digoreng pasti nggak mau(ya iyalah!).Nggak tau sekarang masi hidup apa nggak.Maklum gan,soalnya ane anak pondok alias santri.

    BalasHapus
  2. weh ustadz dunk..ikannya payau kan gan,airnyada diperhatiin belum??
    ya malu2lah klo dikasih makan agan ini kan ikannya cewek mana lagi musim misan,hehe

    BalasHapus
  3. Kok ikan ane klepek klepek baru satu malam

    BalasHapus

Data dan gambar diambil dari berbagai sumber. Silahkan koreksi atau tambahkan informasi yang berhubungan dengan blog ini.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...