Do you interest with this site???
Please comment, share and follow this site.
(semua artikel asli bukan hasil copy paste, boleh kalau ada yang mau copy tapi tulis juga sumbernya atau link ke blog ini)

Selasa, 07 Juni 2011

African Butterfly Fish (Pantodon buchholzi), Kupu-kupu Air dari Afrika Barat

African Butterfly Fish atau Freshwater Butterfly fish (Pantodon buchholzi) merupakan ikan unik yang ditemukan di kawasan sungai Kongo dan sungai Niger di Afrika Barat. Ikan ini berukuran kecil dengan panjang tubuh tidak melebihi 13 cm dan mempunyai sirip dada yang cukup lebar. Sirip dada ini akan terlihat seperti sayap kupu-kupu jika dilihat dari atas. Mereka berwarna kurang menarik yakni hijau kecoklatan dengan sedikit warna keabu-abuan. Sirip ikan ini berwarna transparan dan terkadang terdapat cincin gelap dan pucat, sedangkan sirip dada kehitaman dengan tepian putih. Pola hitam juga membentang dari kepala bagian atas melewati mata sampai ke rahang atas. African butterfly fish merupakan ikan tropis yang dapat hidup pada rentang suhu 23 – 300C dan pH 6 – 7,5.
African butterfly fish bersifat karnivora (cenderung insektivora) dan merupakan pemburu spesialis di permukaan air. Makanan yang disukainya adalah serangga dan ikan – ikan kecil. Ikan ini memiliki mata dan mulut yang terlatih untuk memburu mangsa di permukaan air, terkadang dia juga melompat keluar air untuk memburu mangsanya. Selain itu, African butterfly fish juga mampu bernafas dengan cara mengambil langsung udara di permukaan air. Perbedaan ikan jantan dan betina terletak pada tepian punggung sirip analnya, jantan umumnya berbentuk cembung sedangkan betina berbentuk lurus. Teknik breeding tidak mudah tapi telah dapat dilakukan dalam skala aquarium. Kondisi air untuk breeding haruslah sedikit asam dengan pH 6 – 6,5 dan suhu 77 – 780F. Awalnya jantan akan memburu betina di antara tanaman air dan kemudian jantan akan menjepit betina di siripnya. Proses bertelur akan terjadi dalam beberapa hari dengan jumlah telur 100 butir perhari.  Telur akan mengapung dipermukaan air, oleh karena ikan ini bukan tipe induk penjaga maka sebaiknya pisahkan telur ke tangki lain. Telur akan menetas setelah 3 – 4 hari, anakan ikan sulit untuk dibesarkan karena membutuhkan makanan hidup yang sangat kecil. Microworm tidak bisa digunakan sebagai makanan anakan ikan yang baru menetas, biasanya anakan udang yang sangat kecil bisa dipakai sebagai alternatif. Anakan ikan sangat sensitif terhadap perubahan kualitas air sehingga hal ini perlu dikontrol.
TAKSONOMI
Kingdom
Animalia
Phylum
Chordata
Class
Order
Family
Pantodontidae
genus
Pantodon
Species
Pantodon buchholzi

4 komentar:

  1. izin copy artikel nya dan saya terjemahkan dalam bhs inggris di http://treatfish.blogspot.com/2011/03/african-butterfly-fish-life.html

    jika keberatan email saya di zein1212@yahoo.com

    terimakasih

    BalasHapus
  2. okey boss...jngan lupa di tautkan linknya ya

    BalasHapus
  3. PUSAT SARANA BIOTEKNOLOGI AGRO

    menyediakan CAROPHYL PINK untuk keperluan penelitian, laboratorium, mandiri, perusahaan .. hub 081805185805 / 0341-343111 atau kunjungi kami di https://www.tokopedia.com/indobiotech temukan juga berbagai kebutuhan anda lainnya seputar bioteknologi agro

    BalasHapus
  4. CJ AQUATIC


    Sangat bermanfaat gan.. Akhirnya ktmu juga nih artikel stlah kliling mencari.. Thx gan..

    BalasHapus

Data dan gambar diambil dari berbagai sumber. Silahkan koreksi atau tambahkan informasi yang berhubungan dengan blog ini.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...