Do you interest with this site???
Please comment, share and follow this site.
(semua artikel asli bukan hasil copy paste, boleh kalau ada yang mau copy tapi tulis juga sumbernya atau link ke blog ini)

Jumat, 10 Juni 2011

Tiger Barb ( Puntius tetrazona), Si Macan Mini dari Sumatera

Tiger barb atau Sumatra barb (Puntius tetrazona) merupakan ikan dari genus puntius yang ditemukan di pulau Sumatera dan Kalimantan (Indonesia), Malaysia dan Kamboja. Tiger barb berukuran kecil dengan panjang tubuh maksimal 7 cm dan lebar tubuh 3 cm.
Ikan ini memiliki warna perak hingga kuning kecoklatan dan mempunyai empat garis vertikal hitam pada tubuhnya, dan juga terdapat warna merah pada sirip dan hidungnya. Beberapa tiger barb memiliki warna yang berbeda walaupun satu spesies, seperti green tiger barb atau moss green tiger barb yang memiliki warna hijau kehitaman pada tubuhnya tanpa adanya garis vertikal dan albino tiger barb yang berwarna kuning dengan empat garis vertikal yang hampir tak kelihatan. Tiger barb merupakan ikan omnivora yang dapat memakan beberapa jenis tanaman, cacing, crustacea dan pangan komersil lainnya, selain itu, mereka juga membutuhkan konsumsi yang berimbang antara daging dengan tumbuhan. Tiger barb bersifat agak aggresif dan hidup secara berkelompok dengan jumlah perkelompok ialah 6 ekor atau lebih. Ikan ini hidup pada suhu 21 – 260C dan pH 6 – 7,5. Tiger barb mencapai kematangan seksual saat panjang tubuhnya mencapai 2 – 3 cm atau pada saat usianya 8 minggu. Betina umumnya lebih besar dan perut yang lebih bulat, sirip punggung yang gelap sedangkan jantan labih terang, mempunyai hidung merah dan garis merah terang di atas sirip punggungnya.
Untuk breeding, siapkan tangki dengan setting tanaman dan air yang bersuhu lebih hangat. Betina biasanya bertelur pada pagi hari dengan jumlah telur sekitar 200 – 500 butir dalam sekali bertelur tergantung kedewasaan betina (semakin dewasa maka jumlah telur yang dihasilkan semakin banyak). Telur agak lengket dan diletakkan di rerumpunan tanaman. Pisahkan induk jika proses bertelur telah selesai karena induk diketahui suka memakan telur mereka sendiri. Telur yang tranparan kekuningan ini akan menetas dalam 36 jam dan anakan ikan akan siap berenang setelah 5 hari. Beri makan anakan ikan dengan brine shrimp sampai mereka cukum mampu untuk memakan pakan komersial.
TAKSONOMI
Kingdom
Animalia
Phylum
Chordata
Class
Order
Family
Genus
Species
Puntius tetrazona

1 komentar:

  1. ikan hias kecil yang berwarna hijau selain green tiger apa ya?

    BalasHapus

Data dan gambar diambil dari berbagai sumber. Silahkan koreksi atau tambahkan informasi yang berhubungan dengan blog ini.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...