Do you interest with this site???
Please comment, share and follow this site.
(semua artikel asli bukan hasil copy paste, boleh kalau ada yang mau copy tapi tulis juga sumbernya atau link ke blog ini)

Kamis, 26 Mei 2011

Humpback pufferfish (Tetraodon palembangensis), Puffer Pemalas dari Asia Tenggara

Humpback pufferfish (Tetraodon palembangensis) atau King kong pufferfish merupakan jenis puffer air tawar terbesar ketiga setelah Tetraodon mbu dan Tetraodon lineatus, dan berasal dari beberapa wilayah di Asia tenggara seperti Thailand, Malaysia, Laos dan Indonesia. Humpback pufferfish dapat tumbuh hingga mencapai 8 inci panjangnya. Palembang puffer ini sering bersembunyi sangat jarang bergerak atau malas bergerak, dan biasanya bergerak hanya untuk mencari atau menangkap  makanan, sehingga setting banyak tanaman dan bebatuan berongga sangat cocok buat ikan ini. Ikan ini bersifat karnivora dan biasanya memakan cacing, ikan yang lebih kecil, udang, keong dan kepiting. Seperti puffer lainnya, Palembang puffer juga mempunyai gigi yang terus tumbuh memanjang dan akan menjadi masalah bagi ikan jika tidak dijaga (dihambat). Solusi untuk mengatasi hal tersebut mungkin ialah dengan pemberian makanan keras seperti keong dan kepiting secara berkala. Seperti puffer lainnya, palembang puffer dapat memompa perutnya yang elastis dengan air atau udara yang menjadikan tubuhnya mengembang 2 sampai 3 kali  tubunya jika merasa terancam. Hidup pada air dengan kondisi pH 6,9 – 7,5 dan temperatur  24 - 27 °C.

Teknik breeding Tetraodon palembangensis masih jarang dilakukan di skala aquarium, telur akan diletakkan di dalam rongga dan pejantan akan menjaga telur sampai menetas. Banyak bagian tubuh puffer yang mengandung racun mematikan neurotoxin tetrodoxin, yang dapat menyebabkan kelumpuhan dan kematian.
 TAKSONOMI
Kingdom
Animalia
Phylum
Chordata
Class
Order
Family
Genus
Species
Tetraodon palembangensis


9 komentar:

  1. punya ikan ini gak gan?kemarin pas jalan-jalan di pasar ikan hias Semarang ane sempet pengen beli ikan ini,tapi harganya mahal gan,seekor harganya 60rb.akhirny7akhirnya gak jadi deh,gan.ngomong-ngomong punya ikan apa aja gan?

    BalasHapus
  2. wah kagak ada gan..ikan ane lg limit boss, ente apa aja ni koleksinya??

    BalasHapus
  3. yg ane punya seven-spot archerfish,corydoras panda,sterbai,paleatus.trus platydoras alias striped raphael catfish,CAE,rainbow praecox,synodontis,sama lemon siklid.itu aja gan.ntar abis lebaran mau nambah koleksi lagi.kalo ente punya apa aja?

    BalasHapus
  4. Wah, kbtulan saya baru dapet ikan ini kmarin.
    Asik loh plihara buntal ini, ngak kyk plihara ikan :D

    BalasHapus
  5. soalnye ikannya kaia batu ya boss?? alias malas ngapa-ngapain..tapi tetep dikasih makan kan.....

    BalasHapus
  6. haha, iya juga ya?!
    Hmm sbenernya tampang nya itu yang lain dr pd ikan lain. hehe

    BalasHapus
  7. Barusan ane dpt pufferfish .. 2cm 10rb

    BalasHapus
  8. Ane dapet di sumenep 75k 1 ekor

    BalasHapus
  9. Hehehe baru muncul gw di tahun 2020

    BalasHapus

Data dan gambar diambil dari berbagai sumber. Silahkan koreksi atau tambahkan informasi yang berhubungan dengan blog ini.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...