Do you interest with this site???
Please comment, share and follow this site.
(semua artikel asli bukan hasil copy paste, boleh kalau ada yang mau copy tapi tulis juga sumbernya atau link ke blog ini)

Kamis, 26 Mei 2011

African Brown Knife Fish (Xenomystus nigri), Ikan yang Menyalak dari Afrika


African Brown Knife Fish (Xenomystus nigri) atau African Knife Fish merupakan ikan yang berasal dari afrika dan ditemukan di sungai-sungai seperti sungai Kongo, Nil dan beberapa sungai yang menyebar di Kamerun, Liberia, Togo dan beberapa wilayah lain. Ikan ini bersifat nocturnal dan dapat tumbuh hingga 30 cm. Secara fisik, ikan ini bertubuh tipis dan memanjang sehingga menyerupai pisau dan mempunyai sirip dada yang menyatu dengan sirip anal dan memanjang dari bawah insang sampai tubuh belakang bagian akhir (ekor). Xenomystus nigri tidak mempunyai sirip punggung,serta memiliki mata keemasan dan mulut yang cukup lebar.
Dari segi warna yakni kecoklatan, ikan ini mungkin kurang menarik, namun bentuk tubuh dan kemampuan personalnya akan menambah sisi positif ikan ini. Xenomystus nigri mampu berenang maju dan mundur, selain itu juga dapat menghasilkan suara menyalak saat bercumbu dengan lawan jenis. Xenomystus nigri merupakan predator yang suka memburu ikan – ikan kecil, cacing, udang, siput dan serangga. Sewaktu muda, ikan ini akan berkelompok dalam jumlah kecil, namun seiring bertambahnya usia keagresifan akan muncul bahkan dengan jenisnya sendiri. Xenomystus nigri sangat sensitif terhadap kualitas air, dan di alam ditemukan hidup pada kondisi pH 6 – 8 dan suhu 23-28°C. Perbedaan jenis kelamin sangat sulit diketahui, kecuali pada saat membawa telur makan betina akan kelihatan lebih gemuk. 

Breeding belum bisa dilakukan secara skala aquarium namun diketahui bahwa betina akan meletakkan sekitar 150 – 200 telur tiap diameter 2 mm dilubang atau celah, dan jantan akan menjaga telur sampai menetas yakni sekitar 6 – 9 hari.

  TAKSONOMI
Kingdom
Animalia
Phylum
Chordata
Class
Order
Family
genus
Xenomystus
Species
Xenomystus nigri

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Data dan gambar diambil dari berbagai sumber. Silahkan koreksi atau tambahkan informasi yang berhubungan dengan blog ini.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...