Do you interest with this site???
Please comment, share and follow this site.
(semua artikel asli bukan hasil copy paste, boleh kalau ada yang mau copy tapi tulis juga sumbernya atau link ke blog ini)

Minggu, 22 Mei 2011

Upside Down Catfish (Synodontis nigriventris), Ikan Terbalik dari Sungai Kongo


Upside Down Catfish (Synodontis nigriventris), merupakan ikan dari sungai Kongo yang mempunyai cara berenang unik yakni dalam posisi terbalik. S.nigriventris hanya mempunyai ukuran maksimal 9,6 cm, mata yang besar, sirip punggung yang lebar dan tiga pasang barbels (kumis). Hidup dalam kelompok dan bersifat nocturnal sehingga banyak menghabiskan waktunya untuk bersembunyi di bebatuan sepanjang hari. Synodontis nigriventris umumnya berwarna cokelat muda dengan bintik – bintik cokelat tua dalam berbegai ukuran.


Synodontis nigriventris merupakan ikan omnivora dengan memakan larva serangga, crustacea, cacing darah, beberapa tanaman air dan makanan komersial lainnya. Ikan muda belum bisa berenang dalam posisi terbalik sebelum mereka berusia dua bulan. Mereka hidup pada kondisi air dengan temperatur 22 – 260C dan pH 6 – 7,5. Betina mempunyai tubuh yang lebih bulat dan warna lebih pudar dibanding jantan. Proses Breeding sangat sulit dilakukan di aquarium. Betina akan lebih bulat saat siap bertelur. Set air aquarium seperti air saat musim hujan (kesadahan kecil), sebuah pot atau pipa yang dijungkirbalikkan mungkin dapat dijadikan tempat ikan bertelur. Induk akan mengerami telur, dan telur akan menetas setelah dua hari. Anakan ikan yang baru menetas akan membawa kuning telur mereka selama empat hari, setelah itu mereka siap memakan udang  kecil. Membalikkan tubuh merupakan cara adaptasi untuk menghindari pemangsa, perut yang berwarna lebih gelap dibanding punggung membuat adaptasi jadi lebih baik.
Selain S.nigriventris, ada juga S.contractus yang dikenal juga dengan upside down catfish yang mana berukuran tubuh lebih besar.

Taksonomi
Kingdom
Animalia
Phylum
Chordata
Class
Order
Family
Genus
Species
Synodontis nigriventris

4 komentar:

  1. Upside Down Catfish masih satu keluarga yah sama corydoras

    BalasHapus
  2. Ikan synodontis punya saya skrg udah sebesar +/- 17cm....bagus banget lho....saya pelihara dari ukuran 3cm

    BalasHapus
  3. La ukuran max sebenarnya berapa

    BalasHapus

Data dan gambar diambil dari berbagai sumber. Silahkan koreksi atau tambahkan informasi yang berhubungan dengan blog ini.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...