Do you interest with this site???
Please comment, share and follow this site.
(semua artikel asli bukan hasil copy paste, boleh kalau ada yang mau copy tapi tulis juga sumbernya atau link ke blog ini)

Minggu, 22 Mei 2011

Clown Loach ( Chromobotia macracanthus ), Badut Air Tawar dari Indonesia

Clown Loach (Cromobotia macracanthus) merupakan binatang asli dari Indonesia yang ditemukan di Sumatra dan Kalimantan. Clown loach mempunyai tubuh memancang dengan panjang tubuh pada dewasa sekitar 24 – 36 cm. Selain itu, bentuk permukaan punggungnya melengkung dengan perut yang rata. Umumnya keluarga botia, Clown loach memiliki kepala yang relatif besar dan mulut yang menghadap ke bawah yang dilengkapi dengan bibir yang tebal dan empat pasang Barbels, dimana barbels terletak di rahang bawah dan berukuran kecil sehingga sulit dilihat. Clown loach dapat membuat suara click pada saat mereka senang ataupun marah. Clown loach memiliki tubuh dengan warna orange keputihan sampai orange kemerahan dengan tiga pita bewarna hitam dan tebal dimana salah satu pita melalui mata. Ikan yang berasal dari Sumatra memiliki perbedaan dengan yang berasal dari Kalimantan, yakni sirip panggul ikan dari Sumatera berwarna orange kemerahan dan hitam sedangkan dari Kalimantan berwarna orange kemerahan. Di alam, ikan ini hidup pada kondisi air yaitu pH 5 – 8 dan suhu 25 - 30 °C. Ikan ini bersifat omnivora dengan memakan cacing, siput dan udang kecil bahkan menyukai pisang.

Clown loach muda mempunyai warna yang menyolok dan akan memudar saat dewasa. Duri disekitar mulutnya merupakan alat untuk membela diri dan tidak beracun. Ikan ini masih sulit di breeding dalam aquarium, dan kebanyakan reproduksi dilakukan melalui penggunaan hormon.

TAKSONOMI

Kingdom
Animalia
Phylum
Chordata
Class
Order
Family
Genus
Chromobotia
Species
Chromobotia macracanthus


4 komentar:

  1. gan,tau yang namanya Royal Clown Loach??atau secara harfiah artinya "Raja Botia Badut"?ikannya sih kaya' botia cuma asalnya dr cina sama warnanyaa ijo.

    BalasHapus
  2. iya gan ane tau, barusan liat blog ente..kereeen, hehehee

    BalasHapus
  3. masa'sih ikannya keren?,hayo jujur aja!!hehehe

    BalasHapus
  4. gan request dong...
    gue pengen tahu tentang paroon shark
    postingan loe keren keren

    BalasHapus

Data dan gambar diambil dari berbagai sumber. Silahkan koreksi atau tambahkan informasi yang berhubungan dengan blog ini.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...