Do you interest with this site???
Please comment, share and follow this site.
(semua artikel asli bukan hasil copy paste, boleh kalau ada yang mau copy tapi tulis juga sumbernya atau link ke blog ini)

Sabtu, 21 Mei 2011

African arowana (Heterotis niloticus), Arowana Pemakan Plankton dari Afrika


African arowana (Heterotis niloticus) merupakan ikan primitif asli Afrika dengan penyebaran di sungai Nil, sungai Kongo dan juga danau Turkana. Walaupun dari keluarga arowana, African arowana mempunyai kekerabatan yang lebih kuat dengan Arapaima gigas dibanding dengan Arowana di Asia. African arowana mempunyai tubuh yang panjang, sisik yang besar, sirip punggung dan anal yang memanjang hingga ke bagian belakang tubuh. Panjang tubuh african arowana bisa mencapai 100 cm dengan berat 10,2 Kg. African arowana mempunyai warna tubuh yakni kecoklatan, abu – abu dan keperakan. Dia hidup pada kondisi air pH 6.7-7.5 (7.0) dan suhu 75-86°F (24-30°C). Ikan ini bertelur pada musim hujan dan membuat sarang melingkar di danau dengan tanaman air, dan ikan jantan dewasa kemudian  akan menjaga anak ikan yang baru menetas.

H.niloticus mempunyai perilaku spesial dibanding ikan besar yang lain. Umumnya, ikan ini menyaring makanannya, khususnya plankton. H.niloticus akan memakan makanan berukuran kecil dan makanannyapun dilakukan sesering mungkin, berbeda dengan ikan karnivora besar lainnya. Makanan yang terlalu besar akan dibuang melalui insang sebelum masuk tubuhnya. Jenis makanan yang disukai ialah invertebrata dan di alam bebas diketahui juga makan fitoplankton.

Taksonomi
Kingdom
Animalia
Phylum
Chordata
Class
Order
Family
Sub Family
genus
Heterotis
Species
Heterotis niloticus









H.niloticus mempunyai organ pernafasan yang tidak biasa, sebuah organ pernafasan besar seperti ginjal  yang membuatnya bernafas dengan cara mengambil udara langsung dipermukaan air. Modifikasi pernafasan ini yang menyebabkan ikan ini dapat bertahan di rawa atau habitat yang miskin oksigen.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Data dan gambar diambil dari berbagai sumber. Silahkan koreksi atau tambahkan informasi yang berhubungan dengan blog ini.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...