Do you interest with this site???
Please comment, share and follow this site.
(semua artikel asli bukan hasil copy paste, boleh kalau ada yang mau copy tapi tulis juga sumbernya atau link ke blog ini)

Jumat, 10 Juni 2011

Payara (Hydrolycus scomberoides), Ikan Vampir dari Amazon


Payara (Hydrolycus scomberoides) yank dikenal juga dengan “Dog Tooth Characin” atau juga Vampire fish merupakan ikan asli dari Sungai Orinoco dan Amazon, Amerika Selatan. Ikan ini dikenal dengan vampire fish karena memiliki gigi taring yang panjang dan menonjol keluar yang berasal dari rahang bawahnya.
Gigi taring ini bisa mencapai panjang maksimum sekitar 4 sampai 6 inci, sedangkan ukuran tubuh Payara dewasa dapat mencapai 117 cm dan berat tubuh 17,8 kg. Gigi taring ikan ini sangat besar, dan untuk membantu mereka menutup mulut tersedia dua lubang di bagian atas kepalanya. Payara memiliki tubuh berwarna keperakan dengan sirip yang transparan dan terkadang sirip memiliki pinggiran berwarna hitam, warna hitam inilah yang membedakan payara dari ikan genus Hydrolycus yang lain selain ukurannya yang lebih besar.
Payara merupakan predator agresif yang dapat berenang cepat dan memangsa ikan apapun yang berukuran lebih kecil dengan mulutnya yang cukup lebar, sehingga pemeliharaan di aquarium disarankan dipelihara dengan ikan yang berukuran lebih besar. Jika memelihara ikan ini di aquarium, disarankan memberi makan ikan hidup yang berkualitas gizi baik, ikan mas dan guppy diketahui tidak memberi asupan gizi yang baik bagi payara. Payara yang juga dikenal dengan nama Sabretooth tetra ini merupakan ikan tropis dengan habitat asli perairan berarus deras, hidup pada suhu 24 – 280C dan pH 6 – 8. Di aquarium, ikan ini membutuhkan sistem oksigenasi yang sangat baik dan sistem pergantian air dianjurkan 30 – 40% tiap minggu. Teknik breeding sampai saat ini belum pernah dilaporkan di aquarium, begitupun untuk membedakan kelamin jantan dan betina yang masih sulit. Beberapa sumber menyebutkan bahwa ikan ini akan bermigrasi saat akan bertelur. 

TAKSONOMI
Kingdom
Animalia
Phylum
Chordata
Class
Order
Family
genus
Species
Hydrolycus scomberoides

4 komentar:

  1. hehehe....
    itu foto Payara yg besar adalah jenis Hydrolycus Armatus sementara foto Payara yg kecil itu jenis Hydrolychus Scomberoides...

    BalasHapus
  2. heheee thanks gan infonya n masukkannya..sengaja biar ada yg protes (ngeles nih..)

    BalasHapus
  3. serem & mahal harganya

    BalasHapus
  4. maaf gan, emangnya ikan vampir ini ada banyak jenisnya ya? bisa ditambahin gak apa aja....makasih

    BalasHapus

Data dan gambar diambil dari berbagai sumber. Silahkan koreksi atau tambahkan informasi yang berhubungan dengan blog ini.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...