Do you interest with this site???
Please comment, share and follow this site.
(semua artikel asli bukan hasil copy paste, boleh kalau ada yang mau copy tapi tulis juga sumbernya atau link ke blog ini)

Jumat, 10 Juni 2011

Salamanderfish (Lepidogalaxias salamandroides), Si Penghuni Pasir dari Australia

Salamanderfish (Lepidogalaxias salamandroides) merupakan satu – satunya anggota dalam family Lepidogalaxiidae (bukan keluarga lungfish) dan berasal dari Australia barat. Salamanderfish atau Slender salamanderfish ini berukuran kecil dengan panjang tubuh maksimal 7 cm.
Salamanderfish mempunyai tubuh ramping, panjang dan berbentuk silinder, mempunyai warna hijau kecoklatan pada bagian atas, pola bintik – bintik keperakan pada sisi samping dan pucat pada bagian bawah dengan mata yang agak kemerahan. Salamanderfish mempunyai sirip yang transparan dan juga ikan unik ini dapat menggerakan lehernya ke segala arah. 
 Salamanderfish yang ini dikenal dalam beberapa nama seperti Salamanderfih of Western Australian dan Shannon mudminnow ini cenderung bersifat insektivora dengan memakan larva serangga. Umumnya ikan bertahan sampai dua tahun, namun betina bisa sampai lima tahun. Ikan betina mempunyai ukuran tubuh yang lebih besar dibanding jantan. Salamanderfish hidup pada kolam air dangkal berpasir yang asam (pH 3 – 6,5) dan suhu rata – rata 16 – 320C pada. Salamanderfish bertahan hidup pada musim panas dengan menggali pasir yang basah pada kedalaman 2 – 60 cm, ikan ini keluar saat musim hujan dan akan masuk lagi ke dalam pasir saat air mengering.
TAKSONOMI
Kingdom
Animalia
Phylum
Chordata
Class
Order
Family
Lepidogalaxiidae
genus
Lepidogalaxias
Species
Lepidogalaxias salamandroides

 






Dalam reproduksi, ikan jantan diduga menggunakan sirip analnya untuk menyalurkan sperma ke betina, pembuahan terjadi secara internal dan hal ini merupakan bentuk adaptasi pada lingkungan yang asam. Walaupun pembuahan secara internal, proses perkawinan dilakukan tanpa bercumbu. Betina dewasa akan memproduksi telur sekitar 100 – 400 telur, dan proses bertelur akan dilakukan saat musim dingin atau kondisi air melimpah. Anak ikan akan tumbuh secara cepat sebelum musim panas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Data dan gambar diambil dari berbagai sumber. Silahkan koreksi atau tambahkan informasi yang berhubungan dengan blog ini.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...