Do you interest with this site???
Please comment, share and follow this site.
(semua artikel asli bukan hasil copy paste, boleh kalau ada yang mau copy tapi tulis juga sumbernya atau link ke blog ini)

Kamis, 19 Mei 2011

Harlequin rasbora (Trigonostigma heteromorpha), The Trianglefish dari Asia Tenggara

Harlequin rasbora (Trigonostigma heteromorpha) merupakan ikan kecil yang menyebar dari Thailand, Malaysia dan Indonesia khususnya Sumatera. Sesuai namanya, Harlequin rasbora mempunyai corak segitiga berwarna kehitaman pada separuh bagian belakang tubuhnya, sedangkan sirip dan tubuhnya berwarna orange – merah tembaga. Ikan ini hidup berkelompok sekitar 4 – 8 ekor, dan dapat tumbuh sampai 3,8 – 4,5 cm. H. Rasbora hidup pada kondisi air dengan pH 6 – 6,5 dan temperature 22 – 260C. Umumnya, pejantan memiliki ukuran tubuh lebih ramping dibanding betina, selain itu corak segitiga pada jantan lebih jelas dan lebih panjang dibanding betina dan mereka bersifat omnivora. 

Harlequen Rasbora umumnya susah untuk di breeding namun jika kondisi lingkungan baik, kemungkinan bisa bertelur. Pisahkan beberapa pasang ikan dewasa dan taruh pada tank yang mempunyai banyak tanaman dengan suhu 76 – 790F. Telur akan diletakkan oleh betina di bawah sisi daun. Setelah proses bertelur selesai, pindahkan ikan keluar tank sehingga hanya tersisa telur di tank breeding. Gelapkan tank breeding dengan menaruh kertas pada sisi tank sampai telur menetas (kira-kira 24 jam), tunggu sampai anak-anak ikan bisa berenang dengan baik (3 hari). Beri makan anak ikan dengan makanan ikan cair dan udang kecil saat berusia 1 minggu. Jaga kondisi kebersihan air dan beri oksigen dengan gelembung kecil. 
TAKSONOMI
Kingdom
Animalia
Phylum
Chordata
Class
Order
Family
genus
Species
Trigonostigma heteromorpha
T. heteromorpha mempunyai 2 sub spesies yaitu Trigonostigma espei dan Trigonostigma hengeli yang mempunyai tubuh lebih ramping dan corak segitiga yang lebih jelas dan panjang.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Data dan gambar diambil dari berbagai sumber. Silahkan koreksi atau tambahkan informasi yang berhubungan dengan blog ini.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...