Do you interest with this site???
Please comment, share and follow this site.
(semua artikel asli bukan hasil copy paste, boleh kalau ada yang mau copy tapi tulis juga sumbernya atau link ke blog ini)

Sabtu, 23 Juli 2011

Australian Lungfish (Neoceratodus forsteri), Ikan Berparu-paru dari Queensland

Australian Lungfish (Neoceratodus forsteri) atau dikenal juga dengan Queensland Lungfish merupakan salah satu dari enam jenis lungfish yang masih ada saat ini. Lungfish termasuk ikan purba dari family Ceratodontidae sub class Sarcopterygii atau ikan bersirip tebal. Australian lungfish berasal dari australia dan merupakan satwa endemik, ditemukan di tenggara Queensland tepatnya di sungai Mary & Burnett dan waduk Enoggera. Ikan dewasa dapat mencapai panjang 1,5 meter dengan berat 40 Kg. Disebut lungfish dikarenakan kemampuan ikan ini untuk bernafas udara langsung menggunakan organnya yaitu “lung atau paru-paru”. Australian lungfish mempunyai tubuh berwarna hijau sampai coklat pucat pada punggung, samping, sirip dan ekor, sedangkan sisi bawah berwarna kuning pucat. 
Australian lungfish bersifat nocturnal dan karnivora, dengan makanan utamanya adalah katak, cacing tanah, ikan kecil dan pellet. Larva ikan merupakan pencari makan dasar dengan memakan crustacea dan cacing tubifex kecil. Ciri khusus australian lungfish yaitu mempunyai paru-paru yang termodifikasi khusus sebagai organ pernafasan udara. Selama musim panas dan pasokan air berkurang, maka ikan ini akan mencapai permukaan air dan meneguk udara secara langsung. Australian lungfish dapat hidup dikondisi air yang buruk (minim oksigen) dengan suhu dingin sekitar 15 – 25 0C. Ikan ini mempunyai reputasi sebagai ikan yang lambat atau inaktif, biasanya akan pasif sepanjang hari dan akan menjadi aktif pada malam hari. Breeding dapat dilakuakan saat usia jantan 17 tahun dan betina 22 tahun. Proses bertelur ini terjadi sepanjang hari baik siang maupun malam, dan berlangsung sebelum musim semi dengan ketinggian air kurang dari satu meter. Australian lungfish bertelur dalam pasangan dan telur biasanya diletakkan di akar tanaman ataupun pasir. Tidak ada penjagaan terhadap telur maupun anak ikan. Sekali bertelur, biasanya betina akan bertelur dengan jumlah 200 sampai 600 butir. Telur akan menetas setelah 3 – 4 minggu. Telur dan anak ikan mirip dengan katak dengan pertumbuhan tubuh yang lambat sekitar 27 cm setelah 110 hari. Autralian lungfish mempunyai usia hidup yang lama sekitar 20 – 25 tahun, bahkan Australian lungfish di Shedd Aquarium Chicago berusia 80 tahun.
Jenis lungfish dari Australia ini memiliki beberapa perbedaan dibanding jenis lungfish dari Afrika maupun Amerika selatan. perbedaan tersebut antara lain bentuk sirip dada yang lebih lebar, sisik tubuh yang besar dan bentuk tubuh yang bongsor. Keberadaan Australian lungfish dilindungi oleh Queensland Fish and Oyster Act 1914 dan penangkapannya di alam bebas dilarang.
TAKSONOMI
Kingdom
Animalia
Phylum
Chordata
Class
Order
Ceratodontiformes
Family
Ceratodontidae
Genus
Neoceratodus
Species
Neoceratodus forsteri

2 komentar:

  1. apakah ikan ini masih satu famili dengan ikan gabus/tomang dari indonesia?terimakasih infonya

    BalasHapus
  2. mirip ikan gabus jika di lihat sekilas

    BalasHapus

Data dan gambar diambil dari berbagai sumber. Silahkan koreksi atau tambahkan informasi yang berhubungan dengan blog ini.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...