Do you interest with this site???
Please comment, share and follow this site.
(semua artikel asli bukan hasil copy paste, boleh kalau ada yang mau copy tapi tulis juga sumbernya atau link ke blog ini)

Rabu, 15 Juni 2011

Hillstream Loach (Beaufortia kweichowensis), Petarung China dari Sungai Xi Jiang

 Hillstream Loach (Beaufortia kweichowensis) merupakan ikan dari family Balitoridae dan ikan asli dari Sungai Xi Jiang China, Asia. Hillstream loach mempunyai nama lain seperti Chinese hillstream loach, Hongkong pleco, Butterfly hillstream loach dan Chinese Sucker fish. Ikan ini berukuran kecil dengan panjang tubuh antara 4 – 10 cm, mempunyai warna cokelat terang sampai keemasan dengan bintik – bintik hitam sepanjang tubuhnya. Ekor dan sirip punggung Hillstream loach adalah transparan dengan garis – garis hitam. Hillstream loach hidup dihabitat sungai dengan arus yang deras dan air dengan kandungan oksigen tinggi. Hillstream loach biasanya hidup berkelompok dengan jumlah 3 ekor atau lebih. Di aquarium, ikan ini menyukai kondisi berbatu untuk tempat sembunyi, baik batuan kecil yang halus maupun batuan besar, dan tidak terlalu membutuhkan adanya tanaman air.
Hillstream loach adalah ikan air tawar yang beradaptasi pada suhu dingin, dia hidup dihabitat aslinya dengan suhu 18 – 240C dan pH 6,5 – 7. Ikan ini bersifat omnivora dan mempunyai mulut yang kecil dengan memakan alga, mikroorganisme, cacing darah dan makanan komersial lainnya. Hillstream loach bukannlah ikan yang terlalu agresif, namun akan menjadi teritorial dan bertarung saat melindungi ikan lain, pertarungan ini sangat menarik dan dikenal dengan “topping”. 
Setelah pertarungan, salah satu ikan akan segera mengosongkan daerahnya. Terdapat sedikit perbedaan antara ikan jantan dan betina yakni ikan jantan memiliki warna yang lebih menyolok dan ukuran yang lebih besar dibanding betina. Walaupun teknik breeding Hillstream loach belum pernah dilaporkan, namun mereka mungkin akan bertelur di terowongan bawah batu di dalam tangki yang disetting seperti sungai.
TAKSONOMI
Kingdom
Animalia
Phylum
Chordata
Class
Order
Family
Genus
Species
Beaufortia kweichowensis

2 komentar:

  1. bedanya beaufortia loach dengan borneo sucker apa ya? kok kayanya keduanya mirip.

    BalasHapus
  2. mirip banget sama borneo sucker

    harganya berapa ya?
    belinya dimana?

    BalasHapus

Data dan gambar diambil dari berbagai sumber. Silahkan koreksi atau tambahkan informasi yang berhubungan dengan blog ini.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...