Do you interest with this site???
Please comment, share and follow this site.
(semua artikel asli bukan hasil copy paste, boleh kalau ada yang mau copy tapi tulis juga sumbernya atau link ke blog ini)

Kamis, 25 Agustus 2011

Botia Berdmorei (Syncrossus berdmorey), Si Agresif Berekor Api dari Thailand

Botia Berdmorei (Syncrossus berdmorei) merupakan ikan jenis Loach air tawar yang berasal dari Thailand, tepatnya di sungai Hathayaw/Suriva provinsi Tak. Selain itu juga ditemukan di Myanmar dan India. Habitat aslinya berupa sungai berarus pelan, teduh, jernih, kandungan oksigen baik, substrat campuran antara pasir dan batu, dan banyak terdapat potongan kayu atau daun. Di beberapa tempat lain, ditemukan tanaman air pada habitat ikan ini.
Botia Berdmorei mempunyai beberapa nama lain seperti Tiger Botia, Blyth’s Loach, Berdmore’s loach, dan Burmese Peppered Firetail Botia. Ikan ini mempunyai ukuran tubuh maksimal 200-250 mm. Ikan dewasa mempunyai warna orange kemerahan yang menarik dengan beberapa strip vertikal berwarna abu-abu dari belakang kepala sampai pangkal ekor. Selain itu, bintik hitam juga menyelimuti tubuhnya termasuk pada sirip punggung dan ekor. Semua sirip dan ekor berwarna kemerahan yang menyerupai warna api. Pada ikan muda, warna kemerahan belum muncul dan cenderung keperakan. Tidak seperti kebanyakan loach, ikan ini bersifat sangat agresif terutama saat diberi makan. Di alam liar, Botia Berdmorei cenderung karnivora namun mereka juga memakan bahan tanaman dan terkadang memakan tanaman air. Perawatan di tangki tidak terlalu susah. Ikan ini dapat diberi makanan apapun namun perlu dijaga keragaman dan kualitas makanan tersebut. Pellet, cacing darah hidup atau beku, Arthemia dan tubifex dapat diberikan secara bergantian. Buah segar dan sayuran seperti mentimun, melon dan bayam putih juga dapat dijadikan variasi dalam pemberian makanan. Cacing tanah yang di cincang dapat dijadikan sumber protein namun jangan terlalu sering memberikannya. Ikan ini juga terkadang akan memangsa siput air jika tersedia. Untuk pertumbuhannya dapat diberi potongan udang sebagai tambahan nutrisi. 
Perawatan Botia Berdmorei di aquarium dapat dilakukan pada parameter suhu 21,6 – 26,1 0C dan pH 6,5 – 7,5. Aquarium dapat diset dengan substrat pasir dan kerikil dengan background natural. Pemberian tutup pada aquarium perlu diperhitungkan mengingat ikan ini terkadang akan melompat. Selain itu, persediaan tempat bersembunyi seperti kayu, batu atau lainnya perlu ditambahkan untuk membuat ikan ini merasa lebih aman. Botia bermorai menyukai hidup berkelompok, dapat dijaga dalam kelompok kecil yakni 5 sampai 6 ekor, dan lebih baik lagi jika jumlahnya 10 ekor atau lebih. Jika di pelihara single, ikan ini akan menjadi sangat agresif sedangkan jika dipelihara duo atau trio maka ikan yang dominan akan menyerang lainnya secara berulang dan menghalangi yang lain untuk makan. Botia berdmorei juga jangan dicampur dengan ikan lain yang lebih kecil karena akan mengintimidasi mereka dengan ukurannya dan terkadang dengan perilakunya yang sangat aktif. Ikan lain yang cocok sebagai tankmate botia ini adalah ikan perenang cepat seperti puntius, beberapa danio, rasbora dan lainnya.
TAKSONOMI
Kingdom
Animalia
Phylum
Chordata
Class
Order
Family
Genus
Species
Syncrossus berdmorei

 






Botia Berdmorei susah dibedakan secara visual jenis kelaminnya baik pada saat masih anakan ataupun saat dewasa. Beberapa sumber menyebutkan bahwa betina kemungkinan mempunyai bentuk perut yang lebih bulat. Teknik breeding Botia Berdmorei belum pernah diketahui dalam skala aquarium. Kemunkinan di alam ikan ini merupakan petelur migrasi dan berdasarkan musim.
Botia Berdmorei mempunyai penampilan yang sama dengan S. beauforti, ikan asli Thailand dan sungai Salween Myanmar. Jika dilihat sekilas maka susah dibedakan, namun jika dilihat lebih rinci diketahui bahwa Botia berdmorei mempunyai 10-14 cabang di sirip punggungnya sedangkan 9-10 pada S. beauforti. Selain itu, ikan muda S.beauforti mempunyai pola gelap yang menyamping di tubuhnya sedangkan berdmorei mempunyai pola yang lebih besar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Data dan gambar diambil dari berbagai sumber. Silahkan koreksi atau tambahkan informasi yang berhubungan dengan blog ini.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...