Do you interest with this site???
Please comment, share and follow this site.
(semua artikel asli bukan hasil copy paste, boleh kalau ada yang mau copy tapi tulis juga sumbernya atau link ke blog ini)

Kamis, 08 Maret 2012

American Flagfish (Jordanella floridae), Ikan Bercorak Bendera Amerika dari USA

American Flagfish (Jordanella floridae) merupakan ikan kelompok killifish yang berasal dari daratan USA. Ikan ini tersebar mulai dari Yucatan peninsula sampai Florida. Di Florida sendiri ikan ini banyak ditemukan di sungai, rawa, danau bahkan parit atau selokan yang berarus pelan. Sifatnya yang mudah beradaptasi membuatnya banyak ditemukan di berbagai habitat di Florida. Ikan ini juga dilaporkan mendiami habitat air payau. American flagfish berukuran mungil dengan panjang tubuh maksimal 6 cm. Ikan ini mendapatkan namanya dari corak tubuh ikan jantan yang menyerupai warna bendera Amerika. Pada kedua sisi tubuh terdapat titik-titik biru/hitam dan garis yang berwarna merah dan biru. Pada sirip punggung dan anal berwarna kekuningan dengan tambahan deretan titik berwarna merah. Pada bagian tengah kedua sisi tubuhnya terdapat bintik hitam yang cukup besar. Dibawah pengaruh lampu atau sinar, paduan warna tubuh ikan akan nampak berkilau dan menimbulkan efek paduan warna yang indah. Seperti halnya killifish lainnya, ikan betina tidak mempunyai warna seindah ikan jantan. Ikan betina berwarna kuning suram pada kedua sisi tubuhnya dengan dipenuhi bintik-bintik. Satu lagi ciri khas ikan betina adalah adanya pola besar yang terletak pada sirip punggungnya. American flagfish bersifat omnivora dan tidak susah dalam pemilihan makanan. Walaupun omnivora, ikan ini cenderung menyukai alga bahkan reputasinya memakan alga menyamai algae eater. Spirulina, ganggang hijau kebiruan dapat dijadikan makanan ikan ini. Intinya mereka akan memakan alga jenis apapun yang ada dalam aquarium. Kemungkinan ikan ini juga akan memakan tanaman saat dipelihara dalam aquarium yang berdaun lunak. Dengan memakan tanaman atau material tanaman akan membuat kesehatan ikan selalu terjaga. Selain memakan material tanaman, ikan ini juga memakan makanan hidup seperti cacing, crustacea dan material makanan lainnya. Pakan kering atau beku juga dapat digunakan sebagai variasi makanan seperti pellet, bloodworm beku dan lainnya.
Desain tangki yang cocok untuk american flagfish adalah menyerupai habitat aslinya dengan banyak tanaman dan sedikit arus. Ukuran tangki untuk sepasang ikan adalah 40 liter dengan dimensi 45 x 30 x 30 cm. Sistem pencahayaan diatur cenderung suram dengan menaruh tanaman mengapung untuk mengurangi cahaya masuk ke tangki. Air lebih baik bersuhu rendah yakni sekitar 19-25 oC, ikan akan tidak bertahan lama jika suhu diatas itu. pH sedikit basa yakni 6-8 dengan kesadahan 5-20 oH.
Masa hidup American flagfish dapat mencapai 8 tahun. Ikan ini berkarakter cukup pendamai saat tidak bertelur namun akan menjadi bertemperamen agresif saat membuat sarang untuk bertelur. Selain itu, ikan ini bersifat pemalu dan akan bersembunyi saat disatukan dengan ikan yang lebih besar dan saat ada gerombolan ikan. Pemilihan tankmate sangatlah terbatas, tankmate yang sesuai adalah ikan-ikan kecil yang biasa dalam kelompok dan bersifat pendamai seperti cardinal tetra, minnow, small danio, live barrier dan lainnya. Tankmate yang bersifat pendamai akan membuat ikan ini menjadi lebih percaya diri. American flagfish dapat dipelihara sendiri maupun berkelompok.

Ikan yang tidak terevaluasi dalam IUCN Red Status ini, merupakan ikan killifish yang agak susah dipelihara dibanding killifish yang lain. Berdasarkan cara mereka bertelur, ikan ini lebih mirip sebagai cichlid dan sunfish. Tetapi berdasarkan ciri fisik yaitu sirip punggung yang berduri maka ikan ini termasuk dalam cyprinodontie. American flagfish terdaftar dalam Guiness Book of Record sebagai ikan dengan jumlah telur terkecil yakni sekitar dua puluh butir telur dalam beberapa hari. Ikan ini akan menjadi spesies yang menarik saat berada di air berkondisi cenderung basa.
Teknik breeding american flagfish tergolong cukup mudah. Pasangan ikan dipisahkan pada tangki yang berukuran lebih kecil sekitar 18”x10”x10”. Kondisi tangki haruslah berarus pelan, bersuhu 77-79 oF dan terdapat rerumpunan seperti javamoss. Tangki janganlah terlalu dalam yaitu maksimal 8”. Pasokan makanan seperti pakan hidup dan material tanaman harus selalu tersedia. Usahakan hanya sepasang ikan dalam satu tangki dan pilihlah ikan jantan dengan kualitas warna yang baik dan ikan betina yang berbadan bulat. Proses pemijahan akan diawali dengan ikan jantan akan memburu ikan betina, jika ikan betina belum siap maka akan menimbulkan luka. Induk betina bukannlah tipe penjaga jadi segera pindahkan induk betina saat proses bertelur selesai. Induk jantan akan menjaga telur-telurnya dari apapun termasuk induk betina sampai telur menetas. Telur ikan akan menetas 6-10 hari, dan induk jantan dapat dipindahkan setelah telur menetas. Anakan ikan sangat kecil dan membutuhkan meterial makanan seperti infusoria untuk beberapa hari pertama sampai mereka sanggup menerima microworm, artemia naupli, grindal worm dan lain-lain. Anakan ikan biasanya akan mati jika tidak segera mencapai permukaan setelah menetas. Setelah dua minggu, anakan ikan dapat dipindahkan ke tangki pembesaran dengan bahan makanan alga. 
TAKSONOMI
Kingdom
Animalia
Phylum
Chordata
Class
Order
Family
Genus
Jordanella
Species
Jordanella floridae

4 komentar:

  1. Hallo Bos minta keterangan ikan berbelalai gajah dong..., seperti yang paling atas. Thanks..

    BalasHapus
  2. ikan berbelalai gajah uda pernah saya bahas coba di review di osteoglossiformes dan acipenseriformes..tapi untuk lainnya akan saya coba bahas lebih lanjut, thanks sarannya

    BalasHapus
  3. Perlu banget ikan ini. Kalo ada yg punya tolong hubungi saya

    BalasHapus

Data dan gambar diambil dari berbagai sumber. Silahkan koreksi atau tambahkan informasi yang berhubungan dengan blog ini.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...