Do you interest with this site???
Please comment, share and follow this site.
(semua artikel asli bukan hasil copy paste, boleh kalau ada yang mau copy tapi tulis juga sumbernya atau link ke blog ini)

Senin, 30 Mei 2011

Venustus Hap (Nimbochromis venustus), Ikan Jerapah dari Danau Malawi


Venustus Hap atau Girrafe Hap (Nimbochromis venustus) ialah golongan Haplochromine Cichlid dan merupakan ikan asli Danau Malawi di Afrika. Ikan ini berwarna kuning dengan pola noda coklat menyerupai jerapah. Jantan umumnya memiliki kepala berwarna biru dengan spot kuning di kepala dan sirip punggung, sedangkan betina umumnya kurang berwarna atau cenderung keperakan dengan pola noda gelap. Venustus Hap hidup pada area berpasir pada danau dengan kedalaman 15 meter, dan dapat tumbuh besar yakni sekitar 20 – 30 cm. Venustus Hap merupakan ikan predator yang cenderung melakukan teknik penyerangan terhadap mangsa, dia suka bersembunyi di pasir dang menggunakan pola tubuhnya untuk kamoflase. Teknik adaptasi berburu yang dilakukan Venustus Hap ialah thanatosis atau “permainan mati” yaitu berburu dengan sedikit bergerak atau hanya diam menunggu mangsa. Sebagai predator di daerah berpasir, Venustus Hap merupakan perenang cepat dan kuat. Oleh penduduk lokal, ikan ini diberinama “kaligono” yang berarti tukang tidur, nama ini disesuikan dengan perilakunya. Kondisi air yang cocok untuk ikan ini ialah air dengan pH 7,6 – 8,8 dan suhu 24-28°C. 
Venustus Hap pejantan akan berwarna menyolok saat siap bereproduksi, sama seperti cichlid lainnya betina akan menaruh telur mereka di bebatuan dan mengijinkan pejantan untuk membuahinya. Telur yang sudah dibuahi akan dibawa oleh induk betina dengan menaruhnya di dalam mulutnya. Telur yang dibawa bisa mencapai 120 buah dan akan berada di dalam mulut induk selama 3 minggu sebelum dilepaskan anak – anak ikan untuk bebas berenang. Betina tidak akan makan selama periode mengerami ini, dan akan memuntahkan telurnya saat dia merasa terancam. Anak ikan memiliki mulut yang cukup besar untuk diberi makan udang dan makanan lainnya.
TAKSONOMI
Kingdom
Animalia
Phylum
Chordata
Class
Order
Family
genus
Species
Nimbochromis venustus

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Data dan gambar diambil dari berbagai sumber. Silahkan koreksi atau tambahkan informasi yang berhubungan dengan blog ini.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...