Do you interest with this site???
Please comment, share and follow this site.
(semua artikel asli bukan hasil copy paste, boleh kalau ada yang mau copy tapi tulis juga sumbernya atau link ke blog ini)

Selasa, 31 Mei 2011

Knight Goby (Stigmatogobius sadanundio), Goby Ksatria dari Asia Tenggara


Knight Goby atau Stigmatogobius sadanundio adalah ikan air tawar dan payau yang tersebar di India, Sri Langka, Malaysia, Indonesia (Jawa, Sumatera dan Kalimantan) sampai Filipina, . Umumnya knight goby bersifat teritorial dibagian dasar perairan. Knight goby berwarna abu – abu mutiara dengan bintik hitam pada kedua sisi badannya, selain itu juga mempunyai dua sirip punggung, sirip punggung pertama terdiri dari enam duri yang kaku dan sirip punggung kedua mempunyai panjang yang sama panjang dengan sirip anal. Pada kedua sirip tersebut juga terdapat bintik - bintik hitam.
Knight Goby jantan umumnya mempunyai sirip punggung yang lebih besar saat dewasa sedangkan betina lebih kecil dan cenderung berwarna lebih kekuningan dibanding jantan. Selain itu, Knight Goby juga berukuran kecil dengan panjang tubuh maksimal 9 cm. Knight Goby bersifat omnivora namun cenderung karnivora dengan memakan makanan hidup seperti ikan kecil, invertebrata (larva nyamuk), beberapa makanan komersil dan dalam beberapa kasus dijumpai memakan alga hijau. Ikan ini mentoleransi suhu air dari 20–26 °C (68–79 °F) dan pH 7 – 8. Untuk proses Breeding, biasanya dilakukan pada suhu 24 – 28 oC. Betina biasanya bertelur di rongga bebatuan dengan jumlah sekali bertelur mencapai 1000 telur. Sama dengan kebanyakan jenis goby, pejantan akan menjaga telur yang telah dibuahi sampai telur – telur tersebut menetas. Anak ikan yang baru menetas sudah bisa diberi makan infusoria. Knight Goby akan lebih baik dijaga atau dipelihara dalam air payau dengan SG 1,003 – 1,005. Sebagai ikan air payau, Knight Goby akan menerima kadar garam dalam air sebesar 1 – 2 sendok teh garam per 11 liter air. 
TAKSONOMI
Kingdom
Animalia
Phylum
Chordata
Class
Order
Family
genus
Stigmatogobius
Species
Stigmatogobius sadanundio

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Data dan gambar diambil dari berbagai sumber. Silahkan koreksi atau tambahkan informasi yang berhubungan dengan blog ini.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...