Do you interest with this site???
Please comment, share and follow this site.
(semua artikel asli bukan hasil copy paste, boleh kalau ada yang mau copy tapi tulis juga sumbernya atau link ke blog ini)

Rabu, 14 September 2011

Red Tail Catfish (Phractocephalus hemioliopterus), Si Mulut Lebar dari Amazon

Red Tail Catfish (Phractocephalus hemioliopterus) merupakan ikan golongan catfish bersungut panjang yang mendapatkan namanya dari warna orange kemerahan di ekornya. Ikan ini berasal dari sungai Amazon dan mempunyai beberapa nama lokal di daerah asalnya seperti Cajaro di Venezuela dan Pirarara di Brazil. Rat tail catfish dapat mencapai ukuran tubuh yang sangat besar yakni sekitar 3 sampai 5 kaki bahkan dianggap sebagai catfish terbesar yang tersedia untuk penghobi. Tubuh ikan ini mempunyai warna dasar hitam dengan merah atau orange di ekor dan sirip punggungnya. Sisi bagian bawah ikan berwarna putih tebal yang memanjang dari belakang insang sampai pangkal ekor. Bagian kepala berwarna coklat gelap dengan bintik-bintik hitam. Ikan ini mempunyai tiga pasang kumis yang panjangnya tidak akan melebih sirip punggungnya.
Red tail catfish merupakan predator sejati dengan makanan utama adalah ikan lain yang lebih kecil, crustaceae dan makanan hidup atau beku lainnya. Ikan dewasa dan muda juga menyukai cacing tanah sebagai makanan dan makanan cangkang lainnya seperti kepiting sungai dan remis. Anakan dapat diberi makan dua kali sehari lalu diturunkan porsinya menjadi sehari sekali, enam kali seminggu sampai mereka mencapai tahapan remaja. Ikan dewasa dapat diberi makanan yang cukup besar selama sekali atau dua kali seminggu dan ikan akan menggunakan sisa hari yang lain untuk mencernanya. Red tai catfish dapat melahap mangsanya langsung karena ukuran mulut yang lebar dan nafsu makannya yang cukup besar. Kemungkinan ikan ini menggunakan Chemosensory untuk mendeteksi mangsa.Oleh karena itu perawatan di aquarium jangan dicampur dengan ikan kecil karena akan langsung menganggapnya sebagai makanan.
Walaupun termasuk salah satu ikan raksasa sungai, namun dihabitat aslinya ikan ini tidak dijadikan makanan oleh warga sekitar. Hal ini dikarenakan warna dagingnya yang cenderung kehitaman berbeda dengan ikan lain yang dagingnya berwarna putih. Namun red tail catfish yang telah disilangkan dengan ikan lain seperti Zebra Sholvenose biasanya hormonnya digunakan sebagai makanan pertumbuhan ikan. Hasil persilangan ini terkadang oleh beberapa orang akan diberi nama dari varietas yang berbeda.
Red tail catfish banyak hidup di sungai besar, rawa, laguna, anakan sungai dan muara. Ikan ini merupakan ikan yang bergerak lambat dan banyak menghabiskan waktunya di dasar sungai. Sebagai predator, Red tail catfish adalah tipe pengintai dan penyergap mangsa. Hidup pada lingkungan yang bersuhu 20-26 0C dan pH 6-7. Untuk perawatan di aquarium membutuhkan tangki yang besar mengingat ukuran ikan ini, setidaknya membutuhkan tangki 4000 gallon. Tankmate yang cocok hanyalah ikan yang memiliki ukuran lebih besar yang tidak mampu dijangkau dengan mulutnya. Adanya batuan dan tempat sembunyi membuat ikan lebih nyaman karena ikan suka bersembunyi (di alam cenderung nocturnal).
Keberhasilan cara breeding ikan ini, sampai sekarang belum pernah dilaporkan dan susah dilakukan dalam skala aquarium karena harus menggunakan tangki berukuran besar. Perbedaan jenis kelamin juga susah dilakukan walaupun beberapa ikan menunjukkan perbedaan tingkat kemerahan pada ekor dan tingkat kehitaman pada kepalanya. Pertumbuhan Red tail catfish termasuk cepat sehingga sebenarnya tidak cocok sebagai ikan aquarium tapi lebih cocok sebagai ikan kolam. Sebagai binatang piaraan, Red tail catfish dapat dilatih sehingga ikan ini dapat meraih makanan dari tangan kita (dimana tidak semua ikan bisa melakukan ini).
TAKSONOMI
Kingdom
Animalia
Phylum
Chordata
Class
Order
Family
Genus
Phractocephalus
Species
Phractocephalus hemioliopterus

32 komentar:

  1. Ikan yang paling boros makan nya hahahaha....

    BalasHapus
  2. cara biar makan gimana sih

    BalasHapus
    Balasan
    1. cara ngasih makannya biasa aja cz ikan ini paling rakus...cere idup langsung ditelen ma ni ikan

      Hapus
    2. Arwana qw aja di telen.. pdhal ukuran beda tipis.. hati2 jgn asal gabung sama ikan lain

      Hapus
  3. gan numpang copas boleh gk??

    BalasHapus
  4. Kenapa ya
    Ikan punya saya tidak mau makn?
    Padahal sudh di kasih ikan kecil dan cacing darah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pasti baru beli kan? Dia masih adapatasi, saram di kasih batu, hiasan ranting² buang aj biar polosan aj, kasih makan udang, cere, daging ikan segar, lemoar aj gausah di ubek ubek, biarin aj nnti juga makan.

      Hapus
  5. ane punya dua redtail gan, udah hampir 1 meter ukurannya.. dl pas kecil baru beli jg ga mau makan, mungkin br adaptasi di tmpat yang baru, menurut pengalaman saya redtail yang tidak mau makan di biarkan saja dulu jangan di kasih makan sama sekali selama 3 hari, kemudian baru di kasih makan sedikit demi sedikit gan..

    BalasHapus
  6. apakah cocok/bisa digabung dgn ikan palmas dan discus gan?soalnya ane dah beli

    BalasHapus
  7. saya punya ukuran 20 cm. makanannya pake udang yang kepalanya udah dibuka n dibersihkan... kadang dikasih cacing tanah dan lahap bgt makannya gan... beringas...

    saya mau tanya gan, alternatif makanan buat rtc ini apa aja ya? soalnya klo udang terus agak mahal dan pengen kasih dia alternatif makanan lain, tapi takut salah kasih makan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Beli daging ikan aj bro, daging ikan tongkol yg besar besar dr tukang sayur. Terus lu fillet tuh daging, sehari dua kali kasihnya pagi dan malam, nanti klok dh 30 cm an potongan agak gede sekali sehari makanannya waktu siang

      Hapus
    2. Kasih keong sawah aja tapi cuma dagingnya Ja rtc sya jga rakus makannya

      Hapus
  8. Kagum memiliki ikan red tails catfish ini.. senang d bela nda cerewet maknanya.
    Sya memiliki sekita 2 kaki panjangnya.tq share

    BalasHapus
  9. Kagum memiliki ikan red tails catfish ini.. senang d bela nda cerewet maknanya.
    Sya memiliki sekita 2 kaki panjangnya.tq share

    BalasHapus
  10. Bro ni ikan katanya bisa segede anak kecil ye (1 meter lebih?)

    BalasHapus
  11. kok punya saya berlendir ya . mohon bimbingannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin rtc lu kenak penyakit whitespot, soalnya rtc sy dr dlu badannya gak licin kesat aj

      Hapus
  12. m'f numpang tanya gan..
    saya baru beli ikan rtc dg panjang -+15cm sudah dua bulan ini dia gk mau makan...
    sudah saya kasih makan ikan kecil2,udang hidup,udang mati,tp tetep gk mau makan,
    dia lebih banyak diem,,
    tlg bantuannya ya gan..

    BalasHapus
  13. saya punya ikan rtc yg panjang nya udah 40 cm tapi udh dua minggu ngk makan knapa yaaa...padahal saya udah kasi ikan kecil di dlm nya mlh ngk dimakan..kasi info dunk suhuuu

    BalasHapus
  14. Saya punya 2 rtc, 1 masih bayi(7cm) 1 dewasa mungkin (25cm)
    Semuanya lahap makannya gan, seneng liatnya

    BalasHapus
  15. Gan mau nnya . Saya punya 2 rtc , tpi kalau di gabung malah berkelahi ya gan ? Mohon bantuannya

    BalasHapus
  16. Cara membedakan jantan dan betina rtc gimana bls diemail

    BalasHapus
  17. qlo cara membedakan yg jantan dengan betina dri mna nya ya bang ?

    BalasHapus
  18. cara membedakan jantan dan betinanya gimana bang?

    BalasHapus

Data dan gambar diambil dari berbagai sumber. Silahkan koreksi atau tambahkan informasi yang berhubungan dengan blog ini.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...