Do you interest with this site???
Please comment, share and follow this site.
(semua artikel asli bukan hasil copy paste, boleh kalau ada yang mau copy tapi tulis juga sumbernya atau link ke blog ini)

Kamis, 02 Juni 2011

Zebra Pleco L046 (Hypancistrus Zebra), Zebra Eksotis dari Sungai Xingu


Zebra pleco (Hypancistrus Zebra) merupakan pleco yang sangat cantik dengan motif garis hitam – putih (Zebra) pada semua tubuhnya termasuk sirip dan ekor. Zebra pleco adalah ikan endemik yang berasal dari anak sungai Amazon yaitu sungai Xingu di Brazil. Zebra pleco mempunyai nama khusus seperti halnya pleco lainnya yaitu L046, L098 dan L173 dengan huruf “L” yang diambil dari nama familinya yaitu Loricariidae, perbedaan penomoran hanya disebabkan perbedaan pola warna. Jika dilihat lebih rinci, ikan ini mempunyai motif tanda huruf “E” kapital pada kepalanya. Zebra pleco mempunyai panjang tubuh saat dewasa yaitu sekitar 8 – 10cm dan merupakan predator dengan memakan invertebrata kecil seperti larva Chironomid
Zebra pleco jantan dewasa mempunyai kepala yang lebih lebar dan tulang sirip punggung yang lebih panjang dibanding betina. Zebra pleco merupakn ikan langka dan belum berhasil dibreeding di dalam aquarium. Suhu yang mungkin dibutuhkan untuk proses bertelur ialah sekitar 28 – 290C. Setelah bertelur, umumnya pejantan akan menjaga telur mereka. Anak ikan akan bebas berenang setelah tujuh hari dan akan menggantungkan makanan dari kuning telur mereka selama dua minggu. Zebra pleco merupakan ikan nocturnal (malam hari), menyukai habitat berbatu untuk bersembunyi dan cenderung teritorial. Dalam aquarium, ikan ini menyukai setting yang banyak bebatuan, tanaman, dan tempat bersembunyi yang lain. Kondisi lingkungan yang cocok untuk ikan ini adalah air tawar dengan pH 6 – 7 dan suhu 26 – 280C.
TAKSONOMI
Kingdom
Animalia
Phylum
Chordata
Class
Order
Family
Genus
Species
Hypancistrus zebra

1 komentar:

Data dan gambar diambil dari berbagai sumber. Silahkan koreksi atau tambahkan informasi yang berhubungan dengan blog ini.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...